Tips Sederhana Nyari Kerja (Khusus Programmer)


Tips Sederhana Nyari Kerja (Khusus Programmer) - VirtualPoin - Typing For Better Indonesia


Jaman sekarang gua liat banyak banget orang yang mau jadi programmer karna programmer itu dianggap pekerjaan yang enak dan keren. Gua juga sempet ketipu paradigma kayak gitu dulu, tapi setelah kalian nyemplung didunia kerja, gua yakin kalian gak akan ngerasa bener bener kayak apa yang kalian harapin sebelumnya.

Buat kalian yang masih bercita-cita jadi programmer, gua saranin mundur dari sekarang sebelum terlambat .. dan silahkan meninggalkan blog ini.

Oke, gua jelasin dulu kalo gua sendiri juga baru lulus kemaren.. tapi gua udah ngerasain kerja di 3 (tiga) tempat yang beda. Kata bapak gua sih itu konyol, katanya gua gak punya loyalitas kerja karna tiap 1 (satu) bulan kerja gua keluar .. jelas itu bukan tanpa alasan. Gua punya faktor penting yang buat gua gak nyaman kerja di 2 (dua) tempat sebelomnya dan gua akan berbagi pengalaman ke kalian.


  1. Pastikan Bos atau Leader Kalian Ngerti Apa Itu Program dan Alur Pembuatannya
  2. yap, ini penting banget, walaupun dia gak bisa developing program, paling enggak dia ngerti dasarnya.. soalnya ditempat kerja gua yang pertama, gua punya bos yang cuma bisa sok tau tentang apa itu program, mungkin emang awalnya gak terlalu masalah, karna sebenernya itu emang jadi tugas programmer untuk terjemahin pola pikir manusia (dalam kasus ini si bos) ke dalam algoritma program .. tapi lama lama jadi masalah, karna dia terus ngacauin time table gua, ngacauin alur program semaunya sendiri *ya karna dia emang gak tau gimana caranya bikin program, dan dia juga gak tau kalo ngerubah alur program itu gak segampang bengkokin kawat

  3. Pastikan Kalian Bukan Satu Satunya Programmer Disitu
  4. ini juga akan jadi masalah yang berat buat kalian kalo kalian cuma satu satunya programmer disitu .. karna prinsip utama perusahaan adalah nyari untung sebesar besarnya dengan modal sekecil kecilnya dan waktu yang secepat cepatnya .. itu akan buat kalian dikejar deadline

    dengan gaji kecil sebagai programmer di Indonesia, diperintahin kerjaan yang bejubel .. ditambah lagi waktunya harus cepet *mending mati aja lu

  5. Coba Sesuaikan Apa yang Kalian Buat Dengan Kemampuan Kantor Menyediakan Sarana dan Prasarana
  6. Gua juga beberapa kali bikin software yang rencananya akan digunain untuk inventori .. sayangnya program ini gak pernah dipake sekalipun, karna ternyata kantor gua gak bisa nyediain server dan segala macem keperluan lainnya

    bayangin aja, gua cuma dikasih shared hosting 20 GB dengan bandwith 1 TB pertahun *are you fucking kidding me sir ?

  7. Hati-hati Bos Murahan
  8. Di Indonesia, programmer dianggap lebih rendah daripada OB (Office Boy) yang kerjaannya nyuci piring, bikin kopi dan sebagainya .. gua berani jamin banyak yang udah ngerasain itu selain gua. Banyak bos yang manfaatin situasi, saat seorang programmer dianggap baru, dia ngasih penawaran gaji yang konyol *lu programmer apa jablay ? jangan murahan !

    Tetep teguh sama pendirian kalian, sejauh ini yang gua rasain nyari kerja sebagai programmer gampang kok, karna emang programmer lagi banyak dibutuhin perusahaan perusahaan startup .. dan minimal kalian bisa dapet 2,75 juta (untuk lulusan SMA), jadi sekali lagi jangan murahan.

    Kalo kalian ketemu bos yang kayak gitu, lu jawab aja "maaf pak, saya bukan jablay .. kalo bapak kekurangan stok jablay coba cari diforum bokep".

  9. Hati-hati Sama Penjilat
  10. Yang gua maksud disini bukan orang yang suka ngejilat jilat, tapi orang yang suka banget cari perhatian sama atasan .. disetiap bidang pekerjaan pasti ada orang-orang kayak gini dan orang orang kayak gini bakal bikin suasana kerja kalian gak enak

Itu dia beberapa tips yang bisa gua sharing sama kalian, semoga bermanfaat ..

Kita harusnya niru bunglon, dia selalu bisa berubah nyesuain diri sama sekitarnya .. tapi dia pasti akan terus disebut bunglon.

*quote ini sebenernya gak ada hubungannya sih sama artikel diatas  

-Rukanda Faridsi-
Unknown Programmer & Web Developer

Jadi orang sukses itu susah, tapi jadi orang bahagia itu mudah. Mulailah belajar bahagia walaupun kita tidak sesukses orang lain. Perlajari apa yang kalian lihat, perlihatkan apa yang kalian pelajari. VirtualPoin Development Center, Typing For Better Indonesia.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar