Hati Hati Tokopedia




hmm, posting gua kali ini agak sedikit aneh sih.. cuma gua yakin berguna banget buat kalian yang awam belanja di toko online. Siapa sih yang gak tau tokopedia, salah satu toko online terbesar di Indonesia untuk saat ini dengan brand ambasadornya si cantik Chelsea Islan yang selalu buat mata gua berbinar binar tiap liat dia.

Masalahnya sekarang-sekarang banyak app developer yang konyol kalo menurut gua, karna mereka bikin bot (aplikasi otomatis) yang berfungsi melakukan kloning produk ditokopedia .. Maksudnya gimana sih ?

Gini loh cantikk.. misalnya kalian adalah pengrajin batik, terus kalian jualan ditokopedia .. tanpa sepengetahuan kalian ada orang orang yang jualin lagi produk kalian dengan harga yang lebih tinggi juga ditokopedia dan kalo ada orang yang beli, orderan itu akan diterusin ke kalian .. kalian dapet order dan si tukang klone juga dapet untung dari markup harga yang dia kasih ke pembeli.

Terus apa ruginya dan siapa yang dirugiin ? .. semua orang disini dirugiin, kecuali si pembuat aplikasi itu. Loh kan si penjual jadi untung karna ordernya nambah .. iya emang, tapi liat efek jangka panjangnya, kalo si pembeli tau kalo yang dia beli itu dari seorang tukang clone, dia akan kapok beli barang lagi ditokopedia .. yang berarti tokopedia dan si penjual kehilangan potensi pembeli.

Siapa lagi yang dirugiin ? .. yang jelas paling dirugiin sih si pembelinya, karna dia beli barang dengan harga yang menurut gua gak pantes .. misalnya gua beli batik yang harusnya harganya Rp. 150.000 (seratus lima puluh ribu rupiah), tapi karna yang gua kunjungin adalah store hasil clone, harganya yang tertera jadi Rp. 180.000 (seratus delapan puluh ribu rupiah) .. beda Rp. 30.000 (tiga puluh ribu) coooyyyy , nilai yang cukup berharga buat anak kos dan anak anak muda kayak gua.

Terus gimana nih solusinya ? .. gampang banget sob, kalo kalian mau belanja ditoko online manapun, hal yang pertama kalian harus lakuin adalah liat apa ada produk yang sama kayak produk yang kalian mau beli *judulnya bisa aja beda, tapi gambarnya pasti sama .. kalo kalian nemu produk yang sama, coba liat harganya, lebih murah yang mana .. belanja dari yang harganya paling murah sob.


Jadi sebenernya semua ini berawal dari dialog gua sama temen gua tadi pagi.


Temen gua : Eh, bikin ginian dong http://tokopediadestroyer.com/
Gua : Apaan tuh ?
Temen gua : Liat aja


Setelah gua liat, ternyata itu adalah web yang jual aplikasi otomatis yang berguna buat cloning produk ditokopedia .. terlepas dari bener atau enggaknya aplikasi itu, ngeliat aplikasi itu gua tau kalo cloning produk ditokopedia itu bukan cuma mitos.

Sekarang gua mau ngasih tau, buat kalian para app developer .. coba deh kalian ngembangin aplikasi yang lebih berguna, ide kalian bagus sih, software yang barusan kalian buat juga cukup berguna, tapi liat efek jangka panjangnya .. jangan jadi orang pinter yang konyol.

Buat kalian yang beli aplikasi itu dan berharap dapet keuntungan cepet cuma dari clone store orang ditokopedia .. please jangan jadi orang bego yang terus terusan bisa dibego-begoin sama app developer, karna gak akan ada hal yang instant didunia ini, dengan kalian beli dan gunain software semacem itu, justru akan memperburuk image toko online yang selama ini udah cukup jelek karna banyak penipuan.

Gua sama sekali gak judge http://tokopediadestroyer.com/ adalah penipu .. tapi iklannya sangat berlebihan .. sekali lagi gua kasih tau buat semua app developer dimanapun anda, coba pikirin dulu efek jangka panjang dari aplikasi yang anda buat dan buat semua masyarakat .. jangan jadi orang bego.


UPDATE :

Website www.tokopediadestroyer.com udah gak bisa lagi diakses untuk saat ini.
Unknown Programmer & Web Developer

Jadi orang sukses itu susah, tapi jadi orang bahagia itu mudah. Mulailah belajar bahagia walaupun kita tidak sesukses orang lain. Perlajari apa yang kalian lihat, perlihatkan apa yang kalian pelajari. VirtualPoin Development Center, Typing For Better Indonesia.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar